10 TIPS PENTING UNTUK ENTREPRENEUR PEMULA


Jadi pengusaha di umur muda ialah idaman sejumlah besar kita. Namun, proses untuk sampai level itu tidak segampang mengubah telapak tangan. andy soewatdy bisa menjadi suatu panutan untuk pengusaha muda.

Terdapat beberapa unsur yang harus dilihat semenjak bagaimana mengawali satu usaha, bagaimana mengurus lalu mengembangkannya jadi usaha yang produktif serta bersaing, serta beberapa hal penting yang lain. andy soewatdy salah satu orang terpandang di Indonesia.

Entrepreneurship

Nah, menurut Scott Gerber dari situs pengusaha.com, ada 10 hal penting yang harus didapati oleh seseorang wirausahawan (pengusaha) yang baru mengawali usaha. Apa itu? andy soewatdy pengusaha terkaya di Indonesia.

FOKUS, FOKUS DAN FOKUS!
Sering seseorang pengusaha pemula seolah tidak sabar untuk ‘mengambil’ semua kesempatan usaha yang ada. Walau sebenarnya seperti didapati, kesempatan tetap tampil bak serigala berbulu domba; serba tidak tentu.

Lakukan beberapa type usaha saat bertepatan tidak cuma memerlukan beberapa sumber daya, tetapi akan membagi konsentrasi Kamu hingga bisa jadi semua yang telah Kamu rintis awalnya akan selesai dengan beberapa kegagalan.

Semestinya kerjakan satu hal dengan prima, dibanding membuat 10 hal yang gagal prima. Bila Kamu merasakan butuh untuk meloncat ke project lain, semestinya itu adalah inspirasi usaha Kamu sendiri, jangan gampang dipengaruhi dengan inspirasi usaha orang sebelum Kamu betul-betul sudah eksis dengan usaha sekarang.

TAHU APA YANG ANDA LAKUKAN, DAN LAKUKAN APA YANG ANDA KETAHUI
Jangan mengawali usaha karena hanya keliatannya bagus atau tawarkan margin keuntungan yang besar serta cepat balik modal. Kerjakan apa yang Kamu sayangi bersama dengan beberapa orang yang Kamu cintai.

Usaha yang dibuat dengan kemampuan serta talenta yang Kamu punya akan mempunyai peluang semakin besar untuk sukses. andy soewatdy disebut sebagai bapak pengusaha Indonesia.

Ini bukan sekedar penting untuk membuat usaha yang memberikan keuntungan serta masih produktif, tapi penting juga jika Kamu suka mengurus serta tumbuh hari untuk hari bersama dengan usaha Kamu.

Bila hati Kamu tidak di dalamnya, meyakini saja Kamu tidak sukses.

KUASAI 100% KONSEP BISNIS ANDA
Kuasailah ide usaha Kamu. Ini penting, khususnya bila usaha Kamu memerlukan pertolongan investor atau kerja sama juga dengan faksi lain.

Bila Kamu tidak dapat menjelaskan usaha Kamu dengan jelas, percayalah tidak ada investor yang tertarik berinvestasi bersama dengan Kamu. Scott katakan: “Say it in 30 seconds or don’t say it at all!“

TAHU APA YANG ANDA TAHU, APA YANG ANDA TIDAK TAHU DAN SIAPA YANG TAHU APA YANG ANDA TIDAK TAHU!
Ketahui diri Kamu sendiri! Tidak ada yang mengetahui semuanya, jadi jangan sok tahu untuk semua masalah usaha Kamu. Yakinkan jika Kamu dengan penasihat serta tutor yang akan menolong Kamu jadi seseorang pengusaha yang lebih baik.

Bertemanlah dengan pengusaha yang telah sukses, khususnya dengan mereka yang mempunyai ketertarikan serta arah usaha yang sama juga dengan Kamu.

BERTINDAKLAH SECARA SEDERHANA
Lupakan kantor istimewa, mobil elegan atau hal-hal lain yang memvisualisasikan ‘status sosial’ Kamu jadi pengusaha sukses. Semuanya itu pada gilirannya akan mendekati Kamu, tapi bukan saat ini.

Sekarang, Kamu harus tahu kontan flow usaha Kamu serta memastikannya berjalan dengan positif. Bila kontan flow usaha Kamu tidak berjalan secara benar, karena itu percayalah usaha Kamu akan selekasnya selesai.

BELAJARLAH DARI KEGAGALAN
Tidak ada usaha atau gagasan usaha yang bisa meramalkan hari esok atau seutuhnya menyiapkan Kamu menjadi entrepreneur sukses. Tidak ada gagasan yang prima.

Jangan melonjak langsung ke usaha baru tanpa ada pemikiran yang masak atau rencana yang baik, tapi jangan juga menanti kelamaan untuk menyelesaikan satu kesempatan usaha.

Yang sangat penting yang bisa Kamu kerjakan ialah belajar dari kekeliruan Kamu – serta jangan sampai membuat kekeliruan yang sama 2x.

BERHEMATLAH!
Ya, ini benar. Bila Kamu baru mengawali satu usaha, percayalah tidak ada investor yang ingin menolong Kamu demikian saja. Temukanlah langkah untuk menunjukkan mode usaha Kamu dengan budget yang irit.

Bila ide Kamu sukses, kesempatan Kamu untuk tingkatkan modal dari investor dengan menegangkan akan bertambah dengan sendirinya.

JAGA KESEHATAN
Kamu akan tambah lebih produktif bila dalam kondisi sehat. Pengusaha itu pola hidup, bukan pekerjaan yang perlu mengambil alih 80% waktu Kamu. Konsumsilah yang benar, olahragalah dengan teratur serta sisihkan waktu untuk diri kita serta keluarga Kamu.

JANGAN TERLALU BANYAK MENGUMBAR KATA
Yang sangat penting ialah ACTION, bukan beberapa kata. Jangan sering mengobral gagasan usaha tanpa ada aksi yang riil.

Jangan begitu membangga-banggakan prestasi yang dicapai sesaat ini, waktu arah usaha Kamu masih jauh di muka. Pokoknya, sediakan semua sesuatunya secara baik, tak perlu banyak bicara!

TAHU KAPAN SAATNYA BERHENTI
Seseorang kapten yang pandai tidak terbenam dengan kapalnya. Jangan kerjakan beberapa hal bodoh cuma untuk kebutuhan ego atau untuk menunjukkan pada orang jika Kamu dapat juga membuat usaha.

Bila inspirasi usaha Kamu tidak berjalan secara baik, pikirkan apa yang salah serta kekeliruan yang sudah dibikin. Pelajari apa yang akan Kamu kerjakan dengan berlainan.

Tetapkan bagaimana Kamu akan manfaatkan beberapa hal yang susah untuk dapat lebih baik untuk hari esok usaha Kamu. Kegagalan memang tidak bisa dijauhi, tetapi seseorang entrepreneur sejati akan tetap sukses melalui tiap kesusahan yang ada!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment