Pemahaman Alat Pelindung Diri (APD) serta Jenis-jenisnya



Alat Pelindung Diri (APD) atau Personal Protective Equipment ialah beberapa alat atau peralatan yang harus dipakai membuat perlindungan serta jaga keselamatan pekerja waktu lakukan pekerjaan yang berpotensi bahaya atau risiko kecelakaan kerja. Beberapa alat Pelindung Diri (APD) yang dipakai harus sesuai kekuatan bahaya serta risiko kerjanya hingga efisien membuat perlindungan pekerja jadi pemakainya. sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Di Perusahaan Manufakturing khususnya yang bergerak dalam Produksi Perakitan Elektronika, beberapa risiko pekerjaan yang mempunyai potensi membahayakan keselamatan serta kesehatan dan mempunyai potensi memunculkan kecelakan kerja diantaranya proses menyolder, proses pemotongan kaki Elemen Elektronika, proses pemakaian beberapa bahan kimia, beberapa suara yang muncul karena mesin produksi, pembuangan sampah serta pekerjaan perpindahan beberapa bahan produksi. Oleh karenanya, pekerja-pekerja yang kerjakan proses itu membutuhkan peralatan atau alat membuat perlindungan dianya hingga kurangi risiko bahaya serta kecelakaan kerja. Alat Pelindung Diri atau APD ini adalah salah satunya ketentuan penting dalam aplikasi Skema Manajemen Keselamatan serta Kesehatan Kerja atau SMK3.

Alat Pelindung Diri (APD) bisa dibagi jadi 3 barisan yakni :

Alat Pelindung Kepala diantaranya : Helmet (Topi Pengaman), Safety Glass (Kacamata Pengaman), Masker, Respirator, Ear Plugs (Penutup Telinga).
Alat Pelindung Tubuh diantaranya : Apron, Jas Laboratorium
Alat Pelindung Anggota Tubuh salah satunya ialah : Sepatu Pelindung (Safety Shoes/Boot), Sarung Tangan (Hand Gloves).
Beberapa jenis Alat Pelindung Diri (APD)
Di bawah ini ialah Beberapa alat Pelindung Diri (APD) yang seringkali dipakai dalam Produksi Elektronika.

1. Alat Pelindung Kepala
alat pelindung kepala

1.1. Topi Pelindung (Safety Helmet)
Helmet atau Topi Pelindung dipakai membuat perlindungan Kepala dari paparan bahaya seperti keruntuhan benda atau paparan bahaya saluran listrik. Penggunaan Topi Pelindung (Safety Helmet) harus sesuai lingkar kepala hingga nyaman serta efisien membuat perlindungan penggunanya. Di Produksi Elektronika, Topi pelindung umumnya dipakai oleh Teknisi Mesin serta Petugas Gudang.

Ada 3 Tipe Helmet berdasar perlindungannya pada listrik, yakni:

Helmet Type General (G) yang bisa membuat perlindungan kepala dari terbentur serta keruntuhan benda dan kurangi paparan bahaya saluran listrik yang bertegangan rendah sampai 2.200 Volt
Helmet Type Electrical (E) yang bisa membuat perlindungan kepala dari terbentur serta keruntuhan benda dan kurangi paparan bahaya saluran listrik yang bertegangan tinggi sampai 22.000 Volt
Helmet Type Conductive (C) yang cuma bisa membuat perlindungan kepala dari terbentur serta keruntuhan benda tapi tidak membuat perlindungan kepala dari paparan bahaya saluran listrik.

1.2. Kacamata Pelindung (Safety Glass)
Kacamata Pelindung ialah alat yang dipakai membuat perlindungan mata dari bahaya loncatan benda tajam, debu, partikel-partikel kecil, kurangi cahaya yang menyilaukan dan percikan bahan kimia. Kacamata Pelindung terbagi dalam 2 Tipe yakni :

Safety Spectacles, berupa Kacamata biasa serta cuma bisa membuat perlindungan mata dari bahaya loncatan benda tajam, debu, partikel-partikel kecil serta kurangi cahaya yang menyilaukan. Umumnya digunakan pada Proses menyolder serta Proses pemotongan Kaki Elemen.
Safety Goggles, Kacamata yang memiliki bentuk melekat pas dari muka. Dengan Safety Goggles, mata bisa terlindung dari bahaya percikan bahan kimia, asap, uap, debu serta loncatan benda tajam. Umumnya digunakan oleh Teknisi Mesin Produksi.

1.3. Penyumbat Telinga (Ear Plug)
Penyumbat Telinga atau Ear Plug dipakai membuat perlindungan alat pendengaran yakni telinga dari Intensif Suara yang tinggi. Dengan memakai Ear Plug, Intensif Suara bisa dikurangi sampai 10 ~ 15 dB. Ear Plug umumnya dipakai oleh Pekerja yang kerja di wilayah produksi yang mempunyai suara mesin tinggi seperti SMT (Surface Mount Technology) atau Mesin Produksi yang lain.

1.4. Penutup Telinga (Ear Muff)
Penutup Telinga atau Ear Muff ialah alat yang dipakai membuat perlindungan alat pendengaran dari Intensif Suara yang tinggi. Ear Muff bisa kurangi intensif suara sampai 20 ~ 30dB. Ear Muff terbagi dalam Head Band serta Ear Cup yang dibuat dari bantalan busa hingga bisa membuat perlindungan sisi luar telinga (daun telinga). Ear Muff seringkali dipakai oleh Teknisi Mesin serta Generator (Genset).

1.5. Masker
Masker ialah alat yang dipakai membuat perlindungan beberapa alat pernapasan seperti Hidung serta Mulut dari risiko bahaya seperti asap solder, debu serta berbau bahan kimia yang mudah. Masker umumnya dibuat dari Kain atau Kertas. Masker biasanya digunakan diolah menyolder.

1.6. Respirator
Respirator ialah alat yang dipakai membuat perlindungan beberapa alat pernapasan seperti Hidung serta Mulut dari risiko bahaya seperti asap solder, berbau bahan kimia, debu, Uap, Gas dan Partikel Mist serta Partikel Fume. Respirator seringkali digunakan oleh Teknisi Mesin Solder, Operator Pengecatan (Painting) serta Proses bahan Kimia yang lain.

2. Alat Pelindung Tubuh
apron (celemek), alat pelindung badan

2.1. Apron (Celemek)
Apron atau seringkali disebutkan dengan Celemek ialah alat pelindung badan dari percikan bahan kimia serta suhu panas. Apron atau Celemek seringkali dipakai dalam proses persiapan beberapa bahan kimia dalam produksi seperti Grease, Oli, Minyak serta Adhesive (perekat).

3. Alat Pelindung Anggota Tubuh
alat pelindung anggota tubuh

3.1. Sarung Tangan (Hand Glove)
Sarung Tangan ialah peralatan yang digunkan membuat perlindungan tangan dari kontak bahan kimia, tergesek atau lukanya tangan karena sentuhan dengan benda runcing serta tajam. Sarung Tangan umumnya digunakan pada proses persiapan bahan kimia, pemasangan elemen yang cukup tajam, proses pemanasan dan lain-lain. Beberapa jenis sarung tangan salah satunya ialah seperti berikut :

Sarung Tangan Katun (Cotton Gloves), dipakai membuat perlindungan tangan dari tergesek, tersayat serta cedera mudah.
Sarung Tangan Kulit (Leather Gloves), digunakna membuat perlindungan tangan dari tergesek, tersayat serta cedera mudah.
Sarung Tangan Karet (Rubber Gloves), dipakai membuat perlindungan tangan dari kontak dengan bahan kimia seperti Oli, Minyak, Perekat serta Grease.
Sarung Tangan Electrical, dipakai membuat perlindungan tangan dari kontak dengan arus listrik yang bertegangan rendah sampai tegangan tinggi.

3.2. Sepatu Pelindung (Safety Shoes)
Sepatu Pelindung atau Safety Shoes ialah peralatan yang dipakai membuat perlindungan kaki dari keruntuhan benda, beberapa benda tajam seperti kaca atau potongan baja, larutan kimia serta saluran listrik. Sepatu Pelindung terbagi dalam baja diujungnya dengan dibalut oleh karet yang tidak bisa menghantarkan listrik. Sepatu Pelindung harus dipakai oleh Teknisi Mesin serta Petugas Gudang.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
michelle
admin
3/14/2020 ×

Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
mampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-Q
~domino99
~poker
~bandar66
~sakong
~aduQ
~capsa susun
~perang baccarat (new game)
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217

Congrats bro michelle you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment