Cara Memilih Sepatu Gunung, Hiking Boots vs Hiking Shoes

Related image

Ada banyak jenis sepatu gunung yang beredar di pasaran, tetapi biasanya ada dua jenis yang biasa digunakan oleh teman-teman pecinta alam bebas, yakni tipe hiking boots dan hiking shoes. Memilih salah satu dari tipe ini sebenarnya seperti memilih jodoh, bila salah memilih, siap-siap saja kaki terluka dan dompet merana.

Setiap orang miliki “zona sepatu nyaman”nya semasing, tetapi berdasar pada tips memilih sepatu gunung, type sepatu manakah yang paling pas untuk dipakai dalam pendakianmu?

Berat Sepatu 
Tak ada ketidaksamaan berat yang terlalu penting pada kedua jenis sepatu safety ini. Salah satu sepatu sepatu paling enteng untuk hiking boots, yakni Jayagiri SH-02 dengan berat satu buah sepatunya sekitar 0. 5 kg, tidak jauh tidak sama dengan hiking shoes merk Thomas Black punya penulis dengan berat sekitar 0. 4 kg. Walau demikian, pada umumnya hiking boots pasti lebih berat dari pada hiking shoes

Sepintas semakin lebih nyaman untuk memakai sepatu yang lebih enteng, namun masih tetap harus diperhitungkan kekuatan sepatu itu menahan beban yang dibawa. Gampangnya, cobalah rasakan sendiri bagaimana rasa-rasanya mengangkut aqua galon ke lantai empat dengan memakai sandal jepit. Dapat semakin makmur kehidupan beberapa tukang pijat di Indonesia

Feature Pendukung 
Hiking Boots memiliki kelebihan mutlak dalam soal perlindungan pada engkel pemakainya. Dengan design yang menutupi engkel, berikan proteksi lebih ketika pendakian medan pegunungan yang berbatu dan terjal. Design sepatu safety jakarta yang lebih rendah rawan bikin engkel terkilir. Mahal lho biaya manggil tukang pijat ke puncak gunung!

Fleksibelitas 
Kesempatan ini, hiking shoes lebih unggul dari pada hiking boots. Sebaik apa pun sepatu hiking boots kamu, tentu akan tidak nyaman ketika dipakai dalam aktivitas keseharian dengan cara terus-terusan. Hal semacam ini pasti tidak sama dengan hiking shoes, yang masihlah nyaman dipakai untuk aktivitas sehari- hari atau untuk traveling ke suatu tempat.

Berat barang yang dibawa 
Hiking shoes nyaman dipakai ketika membawa beban yang enteng, seperti beberapa penggemar lightweight umum kerjakan, yakni sekitar 9-10 kg. Bahkan juga penulis pernah coba sampai berat 12kg, tetapi hiking shoes tetap masih nyaman dipakai. Tetapi untuk beban diatas itu, dianjurkan untuk memakai hiking boots karena semakin lebih memberi kenyamanan dan stabilitas pada kaki. Dengan alasan yang sama, diisarankan juga agar tidak memilih sepatu yang terlalu enteng ketika membawa beban yang cukup berat.

Harga 
Pada umumnya, sudah pasti hiking shoes lebih terjangkau dari pada hiking boots. Hiking Shoes buatan SNTA di jual dengan harga sekitar 200 ribu an saja, sedang hiking boots dapat diatas 350 ribu seperti buatan Jayagiri. Untuk hiking boots kelas menengah merk Consina dan REI sekitar pada 495-600 ribu an.

Tetapi bila ingin berinvestasi untuk pemakaian periode panjang dan kenyamanan mendaki, tak ada kelirunya untuk keluarkan uang lebih banyak pada hiking boots.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment