Panduan Cara Sederhana Dalam Memilih Sepatu Formal

Image result for Panduan Cara Sederhana Dalam Memilih Sepatu Formal

Sepatu resmi/dress shoes yaitu sepatu yang wajib di miliki. Setiap pria wajib memiliki beberapa gunakan dress shoes untuk ke kantor maupun acara-acara penting lain. Tak tahu itu untuk acara bisnis maupun kencan istimewa Kamu, tak ada yang bisa bikin Kamu terlihat lebih berhasil maupun seksi selain dress shoes yang berkwalitas.

Apa yang Kamu gunakan pada kaki Kamu dapat melakukan perbaikan atau mengakibatkan kerusakan tampilan Kamu. Tidak perduli apakah Kamu kenakan jas paling baik atau termahal didunia, bila sepatu Kamu berkwalitas jelek, maka rusaklah penilaian orang pada Kamu.

Dress shoes yang berkwalitas mungkin terlihat mahal. Walau sebenarnya malah lebih murah dan efektif bila kita memperhitungkan lama penggunaannya yang awet selama bertahun-tahun serta rasa yakin diri yang kita peroleh saat mengenakannya.

“With shoes it’s all about quality, quality, quality.” Ya, tak ada kompromi dalam soal kwalitas sepatu. Lebih baik memiliki 2 atau 3 gunakan sepatu berkwalitas, dari pada memiliki 10 gunakan sepatu yang bebrapa umum saja.

Bagaimana tahu kwalitas dari sepatu? 
Sepatu yang berkwalitas dapat kita kenali dari konstruksinya, dan ada banyak hal yang perlu Kamu kenali tentang hal semacam ini :

  • Sepatu safety yang berkwalitas harus terbuat dari kulit asli. Demikian halnya bagian sole/tapak sepatu juga terbuat dari kulit yang baik. Biasanya sepatu yang berkwalitas dapat di refurbsihed atau di perbaharui sampai sekian kali.
  • Bagian sole harus di jahit di bagian bawah sepatu, bukanlah di lem
  • Bagian dalam sepatu juga terbuat dari kulit berkwalitas tinggi, misalnya calfskin atau kulit anak sapi, bukanlah terbuat dari susunan karet atau yang lain.
  • Jahitan sepatu harus rapi dan nyaris tidak terlihat 

Tersebut disini gambar dari konstruksi dasar sepatu resmi/dress shoe:


1. Tali sepatu/laces 
Sepatu resmi ada 3 type yakni oxford, loafers dan boots. Untuk type yang memakai tali  seperti pada gambar diatas di namakan Oxford. Ada sebuah kenyataan kalau sepatu resmi dengan tali terlihat lebih baik dengan setelan jas dari pada type slip-on/loafers.

2. Warna 
Penentuan warna sepatu harus di cocokkan dengan baju/jas yang di gunakan serta acara yang akan di hadiri. Warna hitam pas untuk acara seperti presentasi bisnis, meeting dengan client atau acara resmi yang lain. Â Â Sepatu warna coklat dapat di padankan dengan setelan jas berwarna biru navy atau charcoal/abu-abu.

3. Bahan Sepatu 
Ada beberapa type bahan sepatu safety jakarta yang bisa Kamu pilih, namun bahan glossy leather yaitu pilihan yang aman. Kamu dapat juga coba sepatu memiliki bahan suede maupun bahan eksotis seperti kulit buaya dan yang lain.

4. The Toe/Ujung Sepatu 
Ujung sepatu/toe berupa elips atau runcing terlihat lebih berkelas dibanding dengan yang berupa persegi. Namun banyak pula ujung sepatu persegi yang terlihat menawan. Untuk sepatu yang berupa elips jenisnya classic dan tidak pernah ketinggal zaman.

5. The Welt 
Welt yaitu celah pada bagian atas sepatu dan bagian sole (6). Sepatu yang berkwalitas memiliki jarak welt yang cukup dekat, tetapi masih tetap dapat terlihat.

6. Sole 
Sole yaitu bagian bawah sepatu yang semestinya di jahit, bukanlah di lem. Diluar itu, sole sepatu yang berkwalitas terbuat dari kulit juga  dan cukup tebal ukurannya sekitar seperempat inci.

7. Broguing 
Broguing yaitu sejenis hiasan di bagian ujung sepatu, yang biasanya berbentuk jahitan dekoratif dan berlubang yang manfaatnya sebagai aliran keluar masuk hawa. Sebuah sepatu mungkin memiliki broguing atau tidak. Namun yang perlu di ingat, sepatu yg tidak memiliki broguing terlihat lebih resmi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment