Standard Baru Warna Safety Helmet Untuk Konstruksi, Cuma Ada 4 Warna!


Tiap warna safety helmet mempunyai makna tertentu serta mengenali peranan serta tanggung jawab yang berlainan. Sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Untuk mendukung keselamatan kerja, perusahaan harus sediakan alat pelindung diri buat beberapa pekerjanya, diantaranya pelindung kepala. Safety helmet adalah satu diantara alat pelindung kepala yang harus dipakai membuat perlindungan beberapa pekerja dari bahaya terserang benda jatuh dari atas, bentrokan, serta bahaya listrik.

Tiap tahun, cukup banyak pekerja yang meregang nyawa serta alami luka kepala karena kecelakaan kerja. Berdasar data Occupational Safety and Helath Admnistration (OSHA), kecelakaan kerja yang menyebabkan luka kepala ini terbanyak berlangsung di ruang konstruksi.

Pada 2015, OSHA mencatat lebih dari 25.000 luka kepala serta 36 kematian pekerja yang disebabkan oleh kecelakaan di bidang konstruksi.

Data itu tunjukkan jika kerja di ruang konstruksi memiliki kandungan beberapa efek yang membahayakan nyawa pekerja, karena itu penggunaan safety helmet makin penting membuat perlindungan pekerja, kontraktor, serta supervisor yang bekerja di tempat.

Jadi, semua pekerja diwajibkan menggunakan safety helmet sepanjang ada di ruang kerja, tapi apa Kamu tahu jika tiap warna safety helmet sebagai wakil peranan yang berlainan?

Wajibkah Pemakaian Chin Strap pada Safety Helmet?

Standard Lama Warna Safety Helmet (Sebelum Januari 2017)

Standard warna safety helmet di tiap bidang industri atau tempat kerja bisa berlainan. Dikutip thenbs.com, ada tujuh warna safety helmet yang diaplikasikan sebelum berlaku standard baru pada Januari 2017:

Putih: Untuk manager, mandor (foreman), insinyur (engineer), atau supervisor.
Hijau: Untuk petugas K3, pekerja baru atau pekerja dalam waktu eksperimen.
Kuning: Untuk pekerja biasa atau operator alat berat.
Coklat: Untuk pekerja yang terjebak dalam pekerjaan panas, seperti pengelasan.
Biru: Untuk tukang kayu, teknisi listrik, serta operator tehnis lain.
Oranye: Untuk petugas/crew jalan raya.
Abu-abu: Untuk tamu perusahaan.
Warna safety helmet di atas banyak digunakan oleh industri di Inggris. Standard warna safety helmet itu dibikin oleh Build UK, organisasi paling besar untuk perwakilan industri konstruksi di Inggris.

Build UK: Cuma Ada 4 Code Warna Safety Helmet
Standard warna safety helmet baru sudah diterapkan jadi usaha untuk meningkatkan praktik serta komunikasi keselamatan kerja paling baik pada project konstruksi di Inggris

Build UK sudah membuat skema code warna safety helmet baru untuk industri konstruksi di Inggris. Dari mulai Januari 2017 dan sebagainya, empat warna safety helmet paling baru sudah diterapkan di semua bidang konstruksi atau kontraktor di Inggris.

Hitam: Supervisor
Oranye: Slinger (pekerja yang bekerja berisi serta membuka muatan)/signaller (pemberi signal)
Putih: Site Manajer/competent operative/vehicle marshall (pekerja yang kompeten untuk pastikan gerakan alat berat supaya masih aman)
Biru: Tamu perusahaan atau kebanyakan orang yang ada di lingkungan perusahaan serta tidak terhitung kelompok di atas.
Catatan:

Semua helm harus penuhi standard safety helmet yang berlaku di Inggris, yakni BS EN 397.
Build UK memberi penambahan stiker di helm :
1. Stiker palang hijau untuk petugas P3K
2. Stiker palang merah untuk petugas pemadam kebakaran.

Apa Yang Menggerakkan Pergantian Code Warna Pada Safety Helmet?

Build UK membuat standard warna safety helmet yang baru sebab ada banyak pendekatan berlainan dalam memastikan warna safety helmet di tiap bidang konstruksi atau kontraktor, salah satunya:

Periset temukan jika banyak tempat kerja/kontraktor mempunyai kebijaksanaan warna safety helmet yang berlainan.
Kontraktor individu sudah mengenalkan identifikasi warna safety helmet berlainan juga dalam standard APD mereka.
Organisasi Network Rail (organisasi yang mempunyai, menjalankan, serta meningkatkan infrastruktur kereta api paling besar di Inggris) mempunyai ketentuan detil untuk warna safety helmet buat pekerjaan yang terkait dengan infrastruktur rel kereta api. Warna putih untuk pekerja serta biru untuk pekerja yang belum memiliki pengalaman atau tamu perusahaan.
Pendekatan yang tidak berkelanjutan bisa mempunyai potensi memusingkan serta membahayakan pekerja.
Pada bidang konstruksi yang lebih kecil, standard warna kemungkinan kurang efisien diaplikasikan, karena itu dalam soal ini Build UK merekomendasikan untuk memakai warna putih jadi standard biasa sekarang.
Maka, Build UK memutuskan warna safety helmet yang baru untuk sampai beberapa arah, salah satunya:

Ada standard tunggal berkaitan warna safety helmet yang dapat digunakan oleh semua kontraktor.
Menolong kontraktor dalam tingkatkan keselamatan kerja di ruang konstruksi dengan memberi identifikasi peranan serta tanggung jawab yang pasti pada semua personel di tempat kerja lewat warna helm.
Kurangi pengeluaran ongkos sebab perusahaan tak perlu sediakan helm dengan warna berlainan untuk type pekerjaan berlainan.
Dikutip dari constructionmanagermagazine.com, di balik pergantian warna safety helmet yang dikerjakan Build UK, nyatanya pemberian standard ini mendatangkan pro-kontra. Tidak kebanyakan orang memberi komentar positif, satu diantara komentar yang seringkali disampaikan ialah tidak terdapatnya warna safety helmet yang tradisionil, yakni warna kuning.

Satu komentar lain mengatakan jika sebaiknya safety helmet cuma berperan jadi alat pelindung atau pencegah dari luka kepala serta warna safety helmet tidak punya pengaruh dengan relevan. Ada pula yang memberi komentar jika sebaiknya helm berwarna hitam tidak digunakan sebab tidak gampang untuk disaksikan.

Bagaimana Dengan Standard ANSI/ISEA Z89.1?
Di Amerika Serikat, OSHA mengatakan jika satu safety helmet dipandang wajar dipakai pekerja bila penuhi persyaratan minimal yang diputuskan oleh American National Standar (ANSI) serta International Safety Equipment Association (ISEA), sesuai standard paling baru ANSI/ ISEA Z89.1-2014.

Rambu K3 Alat Pelindung Kepala

Standard ANSI/ISEA Z89.1-2014 tunjukkan perubahan dalam soal perform serta pengujian kriteria untuk alat pelindung kepala di bagian industri, terhitung konstruksi. Standard itu mengulas banyak hal tentang:

Detail helm berdasar type serta kelas;
Efek pemakaian helm di ruang kerja dengan beberapa temperatur seperti normal, tinggi, atau rendah;
Ketentuan keselamatan untuk hard hat atau safety helmet yang dipakai pada tempat terbalik;
Kriteria untuk helm dengan visibilitas tinggi;
Cara pengujian untuk menilai semua kriteria; serta
Peringatan untuk pekerja serta referensi berkaitan perawatan serta perawatan helm.
Sesaat tentang warna safety helmet, standard ANSI tidak mempunyai ketentuan atau kebijaksanaan spesial, tiap industri kemungkinan mempunyai ketetapan warna yang berlainan. Serta, tiap bidang konstruksi untuk project yang berlainan kemungkinan mempunyai ketetapan warna safety helmet yang berlainan juga.

Karena itu benar-benar dianjurkan untuk lakukan konfirmasi atau diskusi dengan manager atau supervisor dalam tempat kerja Kamu tentang warna safety helmet ini. Maksudnya ialah supaya tiap pekerja serta tamu/pengunjung perusahaan gampang diidentifikasi peranan serta tanggung jawabnya.

Bagaimana Dengan Standard Warna Safety Helmet Di Indonesia?
Sama dengan Amerika Serikat, Indonesia tidak mempunyai standard spesial untuk warna safety helmet. Tetapi, Indonesia mempunyai peraturan nasional yang berkaitan dengan safety helmet, yaitu SNI ISO 3873:2012 mengenai helm keselamatan industri serta Permenakertrans No. PER.08 MEN VII 2010 mengenai Alat Pelindung Diri (APD).

Pokoknya, jadi profesional dalam bagian keselamatan serta kesehatan kerja (K3), Kamu dapat ikuti standard dari Build UK dalam memutuskan warna safety helmet yang diaplikasikan dalam tempat kerja, terutamanya industri konstruksi. Selain itu, Kamu dapat juga mempunyai standard sendiri sebab memang tidak ada standard spesial tentang warna safety helmet yang diaplikasikan di Indonesia.

Klasifikasi warna safety helmet di atas bukan ketentuan baku di tiap negara atau perusahaan. Apapun warna safety helmet yang dipakai dalam tempat kerja, yang penting ialah manfaatnya masih sama, yakni membuat perlindungan kepala dari efek tertimpa benda beresiko di ruang kerja. Bagaimana dengan standard warna safety helmet dalam tempat kerja Kamu, Sahabat Pro Safety?

Salam safety!
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
michelle
admin
3/14/2020 ×

Izin promo ya Admin^^
bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~

Congrats bro michelle you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment